-->

Khasiat Tanaman Andong Merah Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Khasiat Tanaman Andong Merah Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Sebarkan.xyz - Khasiat Tanaman Andong Merah Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit.

Adapun nama daerah di nusantara diantaranya : Jawa: Hanjuang, andong, endong. Sumatera: bak juang, lak-lak. Kalimantan: renjuang, saban. Madura: kayu urip. Sulawesi: tabongo. Maluku ai buru Irian: katopasari, ngasi, dan jasir.

Kandungan kimia serta khasiat Andong
Andong atau hanjuang mempunyai kandungan kalsium oksalat, polisakarida, steroida, polifenol, flavonoid, tanin, saponin dan zat besi. Mempunyai rasa yang sejuk, bersifat tawar agak sedikit manis. Berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit seperti menghancurkan darah beku ketika memar, menghentikan pendarahan (hemostatis).

Adapun indikasi daun andong dijadikan terapi penyakit seperti:
1. Nyeri lambung dan ulu hati dan keluhan pencernaan
2. TB paru disertai batuk darah.
3. Urine berdarah (hematuria), wasir berdarah, luka berdarah, darah haid terlalu banyak, keluar darah sewaktu hamil.
4. Menyehatkan liver
5. Melancarkan saluran kemih
6. Mengatasi peradangan pada gusi
7. Mengatasi keputihan
8. Mencegah infeksi mulut/kanker lidah
9. Obat diare
10. Mengatasi wasir
11. Membunuh kuman dalam tubuh

Cara pemakaian andong untuk pengobatan
Pengobatan dari dalam:
rebus daun andong yang segar kira-kira (15-30g) bunga kering (9-15g), dapat juga merebus menggunakan akarnya kira-kira (6-10g) diminum sekaligus.

Sedangkan untuk pengobatan luar:
Cuci bersih daun andong seperlunya campurkan juga sedikit garam, lalu lumatkan sampai halus kemudian tempelkan pada tempat yang sakit setelah itu balut.

Contoh pemakaian andong untuk pengobatan

Radang Gusi
Ambil kulit kayu andong seperlunya, campurkan sedikit garam lalu lumatkan hingga halus, kemudian oleskan pada gusi yang sedang meradang.

Batuk darah, urin berdarah
Rebus daun andong yang segar (60-100g) atau sebanyak 5 helai dengan menggunakan 3 gelas air hingga mendidih kira2 selama 15 menit dan menyisakan 1 gelas. Saring dan minum pagi sore masing-masing 1/2 gelas.

Wasir
Siapkan 3 helai daun andong lalu cuci bersih bersama 7 helai daun wungu. Rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Diminum setiap hari hingga secara rutin sampai sembuh.

Disentri dan diare
Rebus daun andong kering (10-15g), atau daun andong yang segar (60-100g) dengan 3 gelas air hingga menyisakan 1 gelas saja. Saring lalu minum sekaligus pagi siang dan sore sebanyak 1/3 gelas.

Baca Juga : Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan dan Kecantikan Alami

Bekas Gigitan Hewan Berbisa
Bekas gigitan hewan berbisa dapat disembuhkan salah satunya dengan ramuan daun Andong Merah, akan tetapi Anda tidak perlu meramu minuman kemudian mengonsumsinya. Cukup sediakan beberapa helai daun Andong segar, giling, lalu panaskan di atas api dan tambahkan sedikit garam kemudian oleskan pada bagian tubuh yang digigit. Ganti olesan tiga kali sehari dan bekas gigitan tersebut akan perlahan sembuh.

Mengobati radang gusi
Kulit andong di kikis secukupnya, tambahkan sedikit garam, aduk sampai rata. Kemudian oleskan ramuan pada bagian gusi yang meradang.

Untuk yang lainnya disesuaikan.

Semoga manfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Khasiat Tanaman Andong Merah Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel