-->

Bunda Wajib Baca, Ternyata Kebiasaan Orangtua Ini Ternyata Dapat Berpengaruh Buruk Terhadap Kepribadian Anak

Kebiasaan Orangtua Ini Ternyata Dapat Berpengaruh Buruk Terhadap Kepribadian Anak
Foto : Hanya Ilustrasi

Sebarkan.xyz – Bunda Wajib Baca, Ternyata Kebiasaan Orangtua Ini Ternyata Dapat Berpengaruh Buruk Terhadap Kepribadian Anak. Setiap orangtua di dunia ini tentulah menginginkan anak-anaknya tumbuh menjadi sosok yang berkepribadian baik. Berbagai macam cara pun dilakukan untuk membentuk karakter kepribadian anak agar saat tumbuh dewasa kelak dia menjadi seseorang yang baik. Tapi, terkadang ada hal-hal buruk yang secara tidak disadari, justru dilakukan oleh orangtua.

Tentu, dampak pengaruhnya tak bisa langsung seketika terlihat, karena saat itu dia hanyalah sekedar mengamati apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Namun hal ini akan menjadi bom waktu, dan berdampak buruk pada kepribadiannya nanti. Nah, Lalu apa saja kebiasaan buruk orangtua yang akan ditiru oleh anak dan akan berpengaruh pada kepribadiannya nanti?

BERTENGKAR DI DEPAN ANAK PUN SEBAIKNYA DIHINDARI
Dan kebiasaan yang lain yang biasa dilakukan orangtua di depan anaknya adalah bertengkar di depan anak. Memang kemarahan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Namun jika itu terjadi di depan anak, maka usahakan untuk bisa menahannya. Anak akan meniru setiap perilaku dan kata-kata orangtuanya selama bertengkar. Dan hal itu akan diterapkannya saat dia bersama teman-temannya.

KETIKA ORANGTUA BERBICARA KOTOR, MAKA ANAK AKAN MENIRUNYA
Entah karena sedang emosi atau karena sebab lainnya, beberapa orangtua berbicara kotor di depan anak. Biasanya hal ini dilakukan orangtua saat sedang marah. Lepas kontrol saat berbicara di depan anak ternyata dapat berdampak buruk bagi kepribadiannya. Anak akan menganggap bahwa apa yang dilakukan orangtuanya adalah benar dan hal itu akan ditirunya saat dia sudah bisa mengungkapkan isi hati.

BUNDA BOLEH SAJA KECEWA, TAPI MENGKRITIK DIRI SENDIRI SEBAIKNYA TIDAK DILAKUKAN
Sebaiknya jika Bunda ingin mengkritik diri sendiri, maka lakukanlah hal itu hanya dengan diri Bunda sendiri. Tidak perlu melakukannya di hadapan orang lain, apa lagi di depan anak. Sebab hal itu akan menjadikan anak memiliki standar tersendiri yang tidak realistis, sehingga dapat menyebabkan anak mengalami depresi.

MEMBANDING-BANDINGKAN ANAK AKAN MEMBUATNYA KEHILANGAN RASA PERCAYA DIRI
Terkadang orangtua membanding-bandingkan kemampuan anak yang satu dengan anaknya yang lain, atau membanding-bandingkan kemampuan anaknya sendiri dengan temannya. Kebiasaan ini sangatlah tidak baik. Anak bisa merasa minder dan kehilangan rasa percaya dirinya dalam melakukan sesuatu yang dinginkannya.

MENGGUNAKAN GADGET SECARA BERLEBIHAN, TERLEBIH SAAT DI DEPAN ANAK
Gadget atau gawai sepertinya sudah menjadi kebutuhan orang masa kini. Banyaknya fitur yang ada di perangkat canggih yang satu ini membuat beberapa orang keasyikan untuk terus menggunakannya. Hal ini sangatlah tidak baik untuk perkembangan anak. Buah hati akan menilai bahwa gadget merupakan sebuah kebutuhan yang harus segera dipenuhi, sehingga dia ingin segera memiliki gadget tanpa tahu tujuan dan manfaatnya.

MENETAPKAN PERAN GENDER SECARA BERLEBIHAN PUN TAK BAIK UNTUK PERKEMBANGAN KEPRIBADIANNYA
Memang laki-laki dan perempuan diciptakan secara berbeda. Hal ini harus Bunda pahami saat mendidik anak-anak. Namun masih ada saja orangtua yang menerapkannya secara berlebihan. Misalnya saja, anak laki-laki tidak boleh menangis dan anak perempuan harus berlaku feminim. Akibatnya anak laki-laki akan menjadi seorang yang berkarakter keras kepala, dan anak perempuan akan menjadi seorang yang cengeng serta tidak mandiri. Tentu hal itu tidak baik untuk perkembangan kepribadian anak nanti.

MER0K0K DI DEPAN ANAK, SELAIN TIDAK BAIK UNTUK KESEHATAN JUGA BERPENGARUH BURUK BAGI PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN BUAH HATI
Beberapa orang tua sepertinya merasa santai saja saat mer0k0k di depan anaknya. Padahal hal itu sangatlah tidak baik untuk anak, baik secara kesehatan maupun untuk kepribadiannya. Anak yang sering melihat orangtuanya menghisap r0k0k akan memiliki anggapan bahwa merokok merupakan hal yang wajar dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Akibatnya anak pun ingin segera bisa merokok tanpa tahu bahaya yang bisa mengiringinya.

Itulah beberapa kebiasaan buruk orang tua yang bisa sangat berpengaruh pada kepribadian anak nantinya. Untuk itu, sebagai orangtua yang baik kita harus menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut, terutama saat berada di depan anak.
Semoga bermanfaat. (sumber : sayangianak.com)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bunda Wajib Baca, Ternyata Kebiasaan Orangtua Ini Ternyata Dapat Berpengaruh Buruk Terhadap Kepribadian Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel